Diet Tomat

tomat

Anda suka makan tomat ? beruntunglah Anda karena buah yang sering dijadikan sayur ini memang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungannya yang kompleks. Buah dengan nama latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum ini adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru.

Nama buah ini sendiri berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (dilafazkan: /tɔ.matɬ/). Buah yang merupakan keluarga dekat dari kentang ini merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith “The Tomato in America”, tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Tomat punya banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk untuk membantu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya bagi kesehatan dan diet Anda, konsumsilah tomat secara teratur dalam pola diet sehari-hari Anda.

  • Lycopene, antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan oksidasi sehingga dapat menunda penuaan untuk tubuh manusia.
  • Pektin, serat yang dapat mempercepat gerak peristaltik usus.
  • Glutamin dan asam aspartat memperkuat rasa makanan.
  • Kalium, kalsium, magnesium, zat besi dan seng adalah zat mineral yang dapat meningkatkan penyerapan vitamin.
  • Asam sitrat dan asam malat dapat meningkatkan nafsu makan dan mengurangi kelelahan.
  • Glukosa dapat sangat mengurangi kelelahan mental dan fisik dengan menyuplai energi cepat serap.
  • Vitamin di dalamnya efektif mencegah berbagai penyakit, termasuk menjaga kesehatan kulit.

Tomat juga mengandung oligofructose yakni serat yang dapat menjaga dan mempertahankan efek dari hormon cholecystokinin atau sering disebut CCK di perut Anda. CCK sendiri adalah hormon yang juga ada pada tubuh Anda, yang secara otomatis tubuh akan melepaskannya setiap kali Anda mengunyah makanan yang berfungsi untuk memperketat kantung perut dan usus untuk membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Dengan terkandungnya CCK di tomat ini juga akan menimbulkan efek kenyang pada Anda, tidak usah terlalu banyak makan dan dampak positifnya sangat cocok untuk Anda yang ingin coba menurunkan berat badan dengan tomat.

Kutipan dari live.viva.co.id, tomat mengandung banyak air dan serat, yang memberikan rasa kenyang dengan cepat dan tahan lama tanpa menambahkan banyak kalori. Hal ini membuat tomat menjadi teman yang baik untuk menyukseskan program diet dalam menurunkan berat badan. Anda pun dapat mengonsumsi tomat sebagai camilan sehat.

Tapi manfaat tomat bagi diet sebenarnya tidak berhenti sampai disitu. Tomat yang mengandung vitamin A, C, K, folat, kalium, serat dan mineral yang membuat satu gelas jus tomat bisa memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh. Selain itu, mengkonsumsi jus tomat setiap hari juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Manfaat turunkan berat badan dengan tomat ini terbukti ilmiah, tidak mengandung efek samping yang membahayakan kesehatan, begitu juga dengan manfaat tomat luar biasa lainnya. Tomat untuk diet jika dikombinasikan dengan Acai Berry dari PT Adonai Perkasa, mampu turunkan berat badan dengan optimal, segera pesan di kami untuk Acai Berry nya, bisa langsung order online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *